Today News

Senin, 01 November 2010

Consumer Confidence Index

Kebanyakan Negara maju memiliki alat survey untuk tingkat kepercayaan konsumen seperti dijelaskan secara singkat di atas. Dengan mengukur tingkat kesehatan keuangan, potensi konsumsi dan keyakinan konsumen untuk berbelanja akan menentukan kesehatan ekonomi dan bisnis suatu negara. Nah, CCI merupakan salah satu indikator pengukur tingkat keyakinan konsumen, sesuai dengan namanya. Jadi singkatnya CCI adalah Index yang mengukur kondisi keuangan, hasrat konsumsi dan keyakinan rata-rata konsumen disebuah negara. Ada tiga bagian utama dalam CCI :1. Index of Consumer Sentiment yang mengukur apa yang dirasakan masyarakat tentang perekonomian saat ini.2. Current Economic Conditions yang mengukur tentang bagaimana pendapat orang mengenai keadaan ekonomi pada saat ini. 3. Index of Consumer Expectation yang mengukur bagaimana pendapat masyarakat mengenai keadaan perekonomian dalam enam (6) bulan mendatang. Laporan Consumer Confidence muncul dari perasaan utopia atau merasa makmur, standar hidupnya meningkat, lebih banyak untuk membelanjakan uangnya untuk membeli rumah dan kendaraan baru.

Released By:
Indikator ini disusun oleh lembaga independen bernama The Conference Board. Produk survey lainnya yang juga dikeluarkan oleh The Conference Board adalah Leading Economic Indikators.CCI biasa dirilis pada Selasa terakhir pada bulan berjalan. Waktu relase untuk CCI US biasanya sekitar pukul 22.00 WIB.

Consist Of:
Data ini didapatkan dari survey terhadap 5000 rumah tangga tentang pendapat dan perasaan mereka terhadap :1. Perekonomian saat ini.2. Prediksi perekonomian untuk 6 bulan kedepan.3. Kondisi tenaga kerja yang ada pada saat ini.4. Kondisi tenaga kerja untuk enam bulan mendatang.5. Total pendapatan per keluarga selama enam bulan kedepan.Jawaban dari pertanyaan di atas hanya berupa "Positif", "Negatif" atau "Netral".
 market-1.jpg
Makanan bersama dengan energi menjadi salah satu tolak ukur meningkatnya daya beli masyarakat. Gambar diambil dari photo.net

Manfaat
Sektor manufaktur, ritel, perbankan, dan pemerintah menjadikan indikator ini sebagai salah satu penentu dalam mengambil keputusan. Secara umum, kenaikan trend Consumer Confidence akan mengindikasikan kenaikan tingkat konsumsi konsumen selama satu bulan mendatang. Biasanya kenaikan dibawah 5% tidaklah signifikan artinya. Namun di atas 5% berarti ada perubahan dalam perkembangan ekonomi. Sebaliknya, nilai CCI yang negatif menunjukkan bahwa pandangan konsumen mengenai perkembangan ekonomi negaranya cenderung negatif.

0 komentar:

Posting Komentar